Sabtu, 06 Mei 2017

Laporan kerja praktek (KP) pembangunan kantor imigrasi kelas I kota Jayapura (bab I)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Kota Jayapura merupakan kota yang terdapat diprovinsi Papua dan sebagai salah satu kota di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang letaknya paling ujung timur serta berlakunya Otonomi Khusus saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan salah satu sektornya adalah pembangunan infrastruktur. Dengan dibangunnya infra struktur dapat menunjang program pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Guna untuk menunjang pembangunan di sektor tersebut maka diperlukan seorang ahli yang handal, serta terampil dibidangnya khususnya Teknik Sipil, sebagai mahasiswa Teknik Sipil yang akan terjun di dunia kerja dituntut mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Melihat hal itu mahasiswa Teknik Sipil diwajibkan melaksanakan Kerja Praktek (KP) sebagai salah satu mata kuliah serta syarat menyelesaikan kuliah di Program Studi Teknik Sipil Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.
Dengan adanya Kerja Praktek (KP) ini, dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa bidang Teknik Sipil untuk menambah ilmu dan pengalaman yang akan didapat di lapangan nantinya, atas dasar itulah kami mengambil Kerja Praktek pada pelaksanaan Pembangunan Gedung dan  Bangunan Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura Tahap I.

1.2.       Ruang Lingkup Pekerjaan
Mengingat waktu pelaksanaan Kerja Praktek (KP) singkat, maka penulis membatasi Laporan Kerja Praktek ini. Dalam pembuatan laporan penulis hanya membahas tentang pelaksanaan pekerjaan kolom, ring balok dan plat lantai pada Pembangunan Gedung dan  Bangunan Kantor Imigrasi KelasIJayapura.


1.3.       Maksud dan Tujuan
1.3.1. Maksud
1.        Sebagai syarat untuk menyelesaikan Kerja  Praktek (KP).
2.        Meningkatkan mutu dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan bagi peserta Kerja  Praktek (KP).
3.        Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu   pengetahuan yang telah diterima selama masa studi di kampus.
1.3.2. Tujuan
Tujuan dilaksanakannya Kerja Praktek ini dilaksanakan adalah:
Mengetahui secara langsung pelaksanaan perkerjaan konstruksi bangunan yaitu pelaksanaan kolom, balok dan plat lantai. Antara lain meliputi pekerjaan:
1.        Proses manajemen konstruksi
2.        Pekerjaan pembesian kolom, ring balok dan plat lantai yaitu dari pembekokan hingga proses perakitannya
3.        Pekerjaan bekisiting
4.        Pekerjaan pengecoran
5.        Perawatan

1.4.       Metode Pengumpulan Data
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data-data adalah sebagai beriktu:
1.4.1. Pengumpulan Data Primer
1.             Wawancara (Interview)
Yaitu data yang diperoleh dengan melakukan proses Tanya jawab dengan para narasumber yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut meliputi kontraktor, konsultan pengawas, mandor, tukang, dan para pekerja yang berada pada tempat kerja praktek.


2.             Pengamatan Langsung (Observasi)
Yaitu data yang diperoleh dengan melihat atau mengamati secara langsung proses pelaksaan pekerjaan proyek tersebut.

1.4.2. Pengumpulan Data Sekunder
1.             Studi Pustaka
Yaitu data yang diperoleh dari buku-buku referensi yang berhubungan IlmuTeknik Sipil dan referensi Laporan Kerja Praktek yang ada serta materi dari internet
2.             Data Proyek
Yaitu data-data yang berhubungan dengan proyek yang diperoleh dari pengawas proyek.

1.5.       Sistematika Penulisan
Laporan Kerja Praktek dengan judul “Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan kolom, balok dan plat lantai pada proyek Pembangunan Gedung dan  Bangunan Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura, terdiri dari lima bab sebagai berikut:
Bab I   Pendahuluan
Bab ini menguraikan tentang latar belakang, ruang lingkup pekerjaan, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
Bab II Gambaran Umum Proyek
Bab ini menguraikan tentang latar belakang proyek, tujuan dan sasaran proyek, nama dan lokasi proyek, data proyek, manajemen proyek dan hubungan antara unsur-unsur proyek.
Bab III Rencana Kerja dan Syarat-Syarat
Bab ini menguraikan tentang rencana pekerjaan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menjalankan proyek.

Bab IV Pelaksanaan Pekerjaan
Bab ini menguraikan proses pelaksanaan pekerjaan yang diamati di lapangan selama masa kerja praktek.
Bab V Penutup

Bab ini menguraikan tentang hal-hal yang dapat disimpulkan dan menjadi saran dalam proses pelaksanaan pekerjaan kolom, ring balok dan plat lantai pada Pembangunan Gedung dan  Bangunan Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura Tahap Pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Tugas Akhir Manajemen Waktu dan Biaya

OPTIMALISASI WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN KANTOR IMIGRASI KOTA JAYAPURA Isak Frengki Banioni 13 111 017 e...